Tutorial:  Cara Registrasi dan Edit Profil Akun

Tutorial: Cara Registrasi dan Edit Profil Akun

Selamat datang Ibu dan Bapak guru pengguna sistem aplikasi GuruKelas,  Gurukelas sendiri merupakan software manajemen digital sekolah paud (TK, RA, KB, SPS). Sofware ini memiliki fitur-fitur yang bermanfaat bagi kepala sekolah dan guru dalam memanajemen sekolah dan kelas secara digital.

Berikut ini adalah artikel tutorial pertama untuk tata cara penggunaan aplikasi web GuruKelas, dalam tutorial No #1 kali ini kita akan membahas halaman informasi GuruKelas atau beranda, kemudian cara registrasi serta edit profil akun dan profil sekolah. 

Informasi umum mengenai aplikasi web GuruKelas dapat Bapak & Ibu Guru dapatkan di https://gurukelas.id. Pada halaman ini terdapat informasi fitur-fitur yang ada di dalam dashboard GuruKelas, seperti manajemen kelas dan siswa, presensi siswa, program pembelajaran, erapor dan juga program penilaian. Adapun program lainnya yg tak kalah menarik sedang dalam pengembangan.

Untuk konsultasi mengenai fungsi dan fitur GuruKelas bisa langsung menghubungi kami di link tombol whatsapp pada beranda GuruKelas. Atau pada halaman kontak dengan mengirim pesan di form kontak kami.

Langsung saja untuk poin nomor satu yaitu Registrasi di GuruKelas, saat ini registrasi di GuruKelas gratis tanpa dipungut biaya sama sekali, kami rasa di saat pandemi ini aplikasi GuruKelas dapat lebih berguna para Guru Paud Tk, RA, KB dan SPS. untuk itu sayang kalau tidak di manfaatkan agar dapat beradaptasi dengan keadaan dan kondisi belajar daring.

Untuk registrasi cukup dengan klik menu Registrasi pada menu utama atau dibawah slide banner home. Kemudian anda akan menemukan form sederhana untuk registrasi akun GuruKelas. Ada 3 tipe akun pada GuruKelas, namun untuk saat ini 2 tipe akun yaitu Kepala Sekolah dan Guru yang akan jelas terlihat perbedaan dan fungsinya.

Akun Kepala sekolah akan memiliki fitur tambahan untuk integrasi dengan akun Guru, apabila integrasi sukses maka kepala sekolah dapat melihat program pembelajaran yang telah dibuat oleh Guru-guru yang terhubung akunnya. 

Selain itu profil sekolah di akun Guru juga akan mengikuti akun kepala sekolah, sehingga mulai dari nama, logo dan profil umum sekolah akan sama. Ini akan membantu pada saat membuat erapor, karena logo dan informasi sekolah akan seragam. 

Akun Guru sendiri hampir memiliki semua fitur kecuali fitur integrasi dan tab management Guru pada profil sekolah. Perbedaan hanya pada manajemen Guru pada profil sekolah. 

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langsung video tutorial di bawah ini:
Cara registrasi di GuruKelas 


Untuk tutorial poin kedua, kita akan membahas cara edit profil akun di dashboard dan edit profil sekolah di menu sidebar kiri dashboard.

Untuk edit profil akun GuruKelas dapat di lakukan dengan klik gambar profil atau panah dropdown di pojok kanan atas, setelah di klik akan terbuka menu dropdown berisi Profil saya dan Logout (untuk keluar dari dashboard).

Klik “Profil saya” dan anda akan dapat mengedit profil akun sesuai yang anda inginkan. Beberapa saran & catatan untuk mengedit profil akun adalah sebagai berikut:

  1. Apabila kolom username masih kosong, kami sarankan untuk mengisinya dengan username yang anda inginkan, username adalah nama alias yang dapat digunakan untuk login tanpa email, username haruslah unik atau tidak boleh sama dengan user manapun di aplikasi GuruKelas. Cth: budi124, eny88 atau guruanixyz.
  2. Kolom password, untuk kolom password biarkan kosong, dan hanya di isi apabila anda ingin mengganti password yang sekarang ini digunakan. Perhatikan kolom isian ini, jangan sampai secara tidak sengaja terisi.
  3. Untuk nomor telp harap di isin dengan nomor yang benar dan aktif, karena akan berguna saat verifikasi akun apabila akun terkunci atau lupa password.
  4. Gambar profil, untuk gambar profil dapat diganti dengan klik tombol ganti foto dibawah gambar profil anda pada kolom kiri halaman edit profil.
  5. ID user berguna untuk integrasi akun dengan akun kepala sekolah, nantinya akan banyak lagi kegunaan id user ini.

 

 

Profil sekolah, untuk menu profil sekolah dapat ditemukan di dalam menu data sekolah, silahkan klik menu tersebut dan nantinya akan terbuka menu profil sekolah. Dalam profil sekolah ini anda dapat mengedit nama sekolah, logo, nama kepala sekolah hingga alamat sekolah. 

Untuk jelasnya mengenai cara edit profil akun dan profil sekolah dapat di simak di video berikut ini:
Edit profil akun dan profil sekolah

Cukup sekian untuk tutorial kali ini, sedikit informasi mengenai cara registrasi di GuruKelas.ID dan cara edit profil akun serta profil sekolah. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan klik tombol chat pada beranda atau pada dashboard aplikasi yang tersedia di pojok kiri bawah pada layar anda. insyaAllah kami akan berusaha selalu siap membantu, sampai bertemu di Tutorial selanjutnya.